Tag

, ,

naad keramik (1)

Berikut beberapa hal yang menjadi pertimbangan saat memilih keramik:

1. Pertimbangan Fungsi

Berdasarkan fungsinya, keramik terbagi menjadi keramik untuk dinding dan keramik untuk lantai. Kedua keramik tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda. Keramik lantai biasanya mempunyai daya serap air yang rendah, lebih kuat dan harus tahan terhadap gesekan, mengingat besarnya beban dan gesekan yang dialami. Keramik KIA mempunyai daya serap air 6-10% (ISO 10545-3) dengan bending strength min 23 N/mm² (ISO 10545-4). Keramik dinding tak harus mempunyai spesifikasi seperti itu, karena alasan penggunaannya hanyalah di dinding. Dengan alasan tersebut di atas, keramik lantai bisa diaplikasikan di dinding tapi keramik dinding sebaiknya tidak diaplikasikan di lantai.

2. Pertimbangan Tempat

Berdasarkan tempat penggunaannya, keramik terbagi menjadi beberapa kelompok:

Keramik eksterior (teras, balkon, garasi, dsb)
Keramik interior (ruang keluarga, ruang makan, kamar mandi, pastry, dsb)
Keramik wet area (tepi kolam renang, kamar mandi, ruang cuci)
Keramik dry area (dapur, ruang tamu & ruang makan).

Keramik untuk eksterior harus kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca. Pilihlah keramik yang tidak kilap (doff) atau keramik yang bertekstur (rustic) agar tidak licin dan tidak terlihat cepat kotor. Aplikasinya hampir sama dengan wet area. Gunakan motif seperti motif Rocky dan Ridgeview (Impresso Brand) atau Cliftone, Oakley, dan Little rock (KIA Brand). Untuk keramik interior, sebaiknya warna dan motif keramik disesuaikan dengan warna dinding, furniture dan tema ruangan. Biasanya menggunakan keramik yang kilap (glossy) agar terkesan bersih, mewah dan mudah dibersihkan. Sebagai contoh untuk rumah dengan konsep minimalis bisa menggunakan Papagayo Crema atau Liverpool. Motif Marocco, Marrakesh dan Vintage untuk konsep klasik, sedangkan untuk konsep natural bisa menggunakan motif Parquet atau Honeywood, Rosewood dan Pebble Stone yang merupakan koleksi terbaru kami. Selain itu, masih banyak lagi motif-motif keramik KIA yang dapat digunakan sesuai dengan selera.

3. Pertimbangan Warna, Motif dan Ukuran Keramik

Apabila ruangan anda ingin terkesan lapang gunakan warna muda seperti crema atau beige, warna medium akan membuat ruang terkesan lebih kecil. Pembelian motif keramik yang sama di setiap ruang memberikan kesan kesatuan ruangan sementara penggunaan lebih dari satu motif akan membagi ruangan. Pemasangan keramik ukuran kecil memberi kesan luas namun terlihat penuh, sebaliknya ukuran besar membuat ruangan menjadi sempit namun sederhana. Sebaiknya gunakan keramik ukuran kecil untuk ruangan kecil dan keramik ukuran besar untuk ruangan besar. Ada banyak ukuran keramik KIA mulai dari 20x20cm, 25x25cm, 30x30cm, 45x45cm untuk keramik lantai & 20x 20cm, 20x25cm, 25x40cm dan yang terbaru ukuran 30x60cm untuk keramik dinding.

4. Pertimbangan Kualitas

Keramik terbagi dalam 3 kategori kualitas:

Kualitas 1 (KW 1)
Kualitas 2 (KW 2)
Kualitas 3 (KW 3)

Keramik KW 1 memiliki lebih baik dibandingkan KW 2 & KW 3 sehingga harganya pun lebih tinggi. Apabila dana anda terbatas, anda bisa membeli keramik KW 2 yang secara fungsional setara KW 1 hanya memiliki sedikit cacat produksi, tapi dengan teknik pemasangan yang baik, keramik inipun bisa tampil sempurna.

 

Sumber : https://www.facebook.com/duniamaterial/posts/430134607063798