Tag

, ,

Setiap manusia mempunyai kebutuhan yang banyak, hal ini karena terkait tugas dan tanggungjawab­nya. Tanggungjawab itu berupa, tanggung jawab seba­gai makhluk Tuhan yang harus menjalankan kewajiban untuk beribadah, sebagai seorang anak mesti berbakti dan membahagiakan orang tua, sebagai suami/istri senantiasa membahagiakan suami atau istri, sebagai masyarakat ikut serta membangun masyarakat dan bangsa. Maka, benarlah sebuah petuah bijak, ”Sesungguhnya ke­wajiban (tanggungjawab) kita lebih banyak dari waktu yang kita punya.”

Dari tanggungjawab itu lahirlah lingkaran kebu­tuhan yang besar, seperti berhaji, berzakat, menghajikan orang tua, rumah dan kendaraan yang layak untuk kelu­arga, juga pendidikan terbaik untuk anak-anak. Mem­buat rencana kebutuhan ini penting sebagai bagian dari rencana hidup Anda. Banyak orang yang tidak mempu­nyai planning dalam hidupnya sehingga hidup hanya mengalir saja yang tentunya kewajiban sebagai manusia tidak akan terpenuhi dengan baik. Kecil sekali kemung­kinnya mencapai sebuah impian tanpa Anda rencana­kan dengan baik sebelumnya.

Nah, problemnya setelah lingkaran kebutuhan itu ada, Anda mempunyai lingkaran kemampuan yang identik dengan pendapatan. Kenyataannya, pendapatan Anda lebih kecil dari lingkaran kebutuhan. Akibatnya, kebutuhan Anda tidak bisa terpenuhi. Dalam kondisi inilah, sebagian orang menyerah sehingga kehidupan­nya tidak berubah. Namun, sebagian yang lain berusaha untuk memperbesar lingkaran kemampuan mereka dengan mencari tambahan penghasilan yang mampu mereka lakukan. Karena itulah, ada 6 alasan kenapa banyak orang memilih bergabung dengan bisnis MLM :

1. Modal Rendah

Modal yang dibutuhkan tidak banyak, kisarannya pada puluhan atau ratusan ribu rupiah. Jelas itu karena tidak membutuhkan display seperti toko, stok barang tidak harus banyak, tidak perlu menggaji manajemen karena perusahaan sudah menyiapkan support system. Bandingkan saat Anda membuka bisnis sendiri, berapa biaya sewa ruko? berapa stok produk yang harus Anda beli? bisa sampai puluhan juta rupiah!

2. Adanya Pengarahan dan Bimbingan

Setiap member yang bergabung dengan MLM akan dibimbing oleh uplinenya, dan support system dari perusahaan yang mengajarkan bagaimana menjalankan bisnis ini dengan cara yang benar sesuai dengan standar operasionalnya. Support system menyediakan buku-buku, kaset, vcd, modul pelatihan, training dan lainnya. Bandingkan jika Anda membuka bisnis sendiri, siapa yang akan mendampingi? Kecuali Anda membayar konsultan bisnis, yang biayanya tidak murah.

3. Risiko Kecil

Risiko dalam bisnis MLM sangat kecil bahkan hampir tidak ada. Modal yang Anda keluarkan biasanya hanya untuk bergabung. Besarnya biaya sangat sebanding dengan staterkit dan support system yang Anda da­patkan. Sistem transaksinya juga cash and carry. Semua pembayaran dilakukan secara tunai, sehingga tidak ada piutang tak tertagih yang biasanya ada dibisnis lain.

4. Pendapatan Besar bahkan Tak Terbatas

Bisnis MLM adalah bisnis jaringan yang memiliki potensi penghasilan tak terbatas. Hal ini karena dalam jaringan bisnis tidak ada pembatasan jumlah rekan ker­ja yang bisa Anda ajak bergabung. Contoh pada tabel, jika Anda mengajak lima orang saja dan menduplikasikannya.

LEVEL JUMLAH
1 5
2 25
3 125
4 625
5 3.125
6 15.625
7 78.125

 

Jika Anda memiliki jumlah jaringan 10 ribu saja (asumsi 10% dari total distributor sampai level ke 7) dan masing-masing mempunyai omzet sebesar Rp 500.000 saja, maka potensi penghasilan Anda Rp 500.000 x 10.000 = Rp 5 milyar! Potensi omzet sebesar itu bisa Anda dapatkan dalam hitungan bulan. Rata-rata pe­bisnis MLM bisa mendapatkan 2-5% dari total omzet mereka. Maka penghasilan yang dimiliki bisa mencapai Rp 100 juta! Padahal hitungan ini baru sampai level 7, bagaimana kalau sampai level 9?

5. Ekspansi Usaha Mudah

Ekspansi usaha adalah salah satu cara memperbesar pendapatan Anda. Semakin downline tersebar dibanyak daerah, maka bisnis MLM Anda akan semakin kokoh. Ekspansi menjadi mudah karena biasanya perusahaan sudah memiliki support system di masing-masing daerah, sehingga untuk pembimbingan dan pendampingan sudah sangat membantu dan mudah dilakukan.

6. Bisnis yang Mudah Dipelajari

Semua orang bisa menjalankan bisnis ini, karena sangat sederhana. Cara yang digunakan memang senga­ja sederhana, agar mudah diduplikasi kepada orang lain. Siapapun Anda, dengan latar belakang apapun pasti bisa menjalankan bisnis ini asal mau belajar. Faktanya, banyak orang yang tidak berpendidikan, bahkan lulus SD pun tidak!, bisa sukses di industri ini. Coba banding­kan dengan bisnis lain, semakin rumit dan semakin su­lit orang lain melakukannya akan semakin baik karena tidak ada saingannya. Sehingga yang sukses pun hanya orang tertentu saja, sangat berbeda dengan MLM.

Dengan 6 kriteria tersebut, ada tidak bisnis yang seperti MLM? Kalaupun ada pasti akan sulit menemu­kannya. Apalagi kalau tidak memiliki skill dan kemam­puan, maka MLM menjadi sebuah pilihan yang sangat tepat bagi para pejuang perubahan hidup.

Sumber : Buku “The Real Network Builder” – Muhammad Nurrofiq, ST