BANDUNG – Ratusan orang yang datang dari berbagai kalangan tertipu oleh janji seorang pengusaha tambang yang akan memberikan pinjaman usaha dengan nilai total Rp250 triliun. Pinjaman ini bisa dimanfaatkan untuk beberapa proyek.

Pasalnya, pengusaha tambang yang bernama Achmad Zaini Suparta, pada tanggal 26 Mei 2008 telah menyebarkan undangan ke beberapa orang pengusaha untuk melakukan silahturahmi di Gedung Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh No 66, Bandung, pada hari ini, Kamis (29/5/2008).

Undangan ini juga diiklankan dalam suatu media cetak terkenal di Bandung. Kabarnya dalam acara inilah, Achmad Zaini berjanji akan meminjamkan uangnya pada para pengusaha-pengusaha. Achmad juga tak meminta agunan untuk meminjamkan uangnya.

Dengan kemudahan itulah, tak kurang 500 orang tergiur mendatangi acara di tempat yang dijanjikan. Beberapa orang mengaku merupakan pengusaha dan pejabat setingkat bupati dan walikota dari luar Jawa. Salah seorang yang diundang, Ahmad Bisri mengaku, dirinya akan meminjam uang sebesar Rp50 miliar untuk usahanya.

Namun, ketika ratusan orang sudah berkumpul di tempat yang sudah dijanjikan, Achmad Zaini tidak menampakkan batang hidungnya. Bahkan persiapan yang dinilai sudah matang, seperti katering dan 30 SPG yang akan melayani acara amal ini, dibatalkan dengan tiba-tiba.

“Saya dijanjikan sejumlah uang untuk mengisi acara ini. Tapi sampai detik ini belum saya terima,” ujar seorang SPG Lisna (21) dengan wajah lesu.

Setelah ditunggu lama, tak jua tampak batang hidung dari Achmad Zaini, para undangan mendengar kabar acara telah dipindahkan ke Villa Bunga yang berada di Jalan Parongpong, Cimahi. Mendengar kabar tersebut sebagian orang menuju ke sana. Tapi sebagian lainnya memilih balik badan.

Sementara berdasarkan undangan yang didapatkan okezone dari salah seorang pengusaha, undangan ini berkepala surat Yayasan Galuh Pakuan yang beralamat Jalan Aria Timur I No 3 Kompleks Aria Graha, Jalan Soekarno-Hatta Bandung. Yayasan ini berlogo padi dan ilalang dengan di bawahnya tertulis Sosial Kemanusian dan Bencana Alam.

Acara berupa seminar ini, bertemakan Membangun Perekonomian Nasional dan Public Expose Multi Project dengan waktu acara pukul 06.00 WIB hingga selesai. Di bawah undangan ditandatangani oleh Ketua Penyelenggara Ir Bobon Dharmawan.(hri)

source : news.okezone.com